Wisata gajah di Thailand mungkin sangat populer, tetapi tidak selalu dalam kepentingan terbaik gajah. Sering kali, Anda melihat foto-foto wisatawan menunggang gajah dan apa yang tampak seperti kegiatan yang tidak berbahaya, sebenarnya menempatkan banyak tekanan pada tubuh gajah. Walaupun mereka adalah hewan yang sangat kuat dan kuat, duri mereka tidak benar-benar dibuat untuk jenis ini dan bagi gajah untuk membiarkan para wisatawan naik di punggung mereka sering berarti mereka harus dipaksa secara fisik untuk melakukannya.

Untungnya, dalam beberapa tahun terakhir telah ada perkembangan dalam kegiatan pariwisata ramah gajah di Thailand. Yang disebut “suaka gajah” adalah stasiun penyelamatan di mana gajah yang terlalu tua untuk bisnis konvensional diambil dan dapat hidup bahagia. Karena cagar alam gajah ini sangat bergantung pada sumbangan, mereka membuka pintu untuk menyambut turis, yang hanya ingin melihat gajah di lingkungan alaminya.

Tentu saja, Anda dapat berinteraksi dengan gajah, misalnya memberi makan atau mencuci, tetapi gajah tidak dipaksa untuk melakukan apa pun. Jika mereka jengkel dan hanya ingin menghabiskan waktu sendirian, mereka akan berkeliaran ke hutan.

Di sekitar lereng gunung Chiang Mai, banyak suaka gajah dibuka untuk wisatawan. Berikut 5 suaka gajah yang layak dikunjungi ketika Anda berada di daerah Chiang Mai. Yang sama-sama mereka miliki adalah bahwa mereka tidak membiarkan para wisatawan menunggang gajah dan hanya bertindak demi kepentingan hewan-hewan terbaik. Biaya masuk juga dihabiskan langsung untuk perawatan gajah dan tidak ada kepentingan bisnis di belakang cagar alam karena mereka semua bertindak sebagai organisasi nirlaba.

1. Elephant Rescue Park

Elephant Rescue Park adalah salah satu alamat yang lebih besar di Chiang Mai. Mereka fokus pada gajah yang bekerja di ladang atau ditinggalkan oleh sirkus. Gajah-gajah tersebut berkisar dari setiap kelompok umur, termasuk gajah kecil yang bahkan dilahirkan di cagar alam gajah, hingga yang lebih tua yang hidup sebagian besar hidupnya di kamp-kamp penebangan atau bisnis konvensional.

Anda dapat memilih antara paket setengah hari, yang dimulai pada pagi hari dan berlangsung hingga waktu makan siang, atau program siang hari penuh. Untuk kenyamanan tambahan, mereka akan menjemput Anda di hotel Anda jika berada di Chiang Mai. Program mereka termasuk memberi makan gajah dan mandi bersama mereka. Dalam paket sehari penuh, Anda juga mendapatkan makan siang tradisional, menanam pohon dan membuat beberapa obat herbal.

Apa yang membuat suaka gajah ini begitu istimewa adalah paket semalam mereka di mana Anda dapat tinggal langsung di suaka gajah selama dua hari dan tidur di rumah kayu mereka. Dengan cara ini Anda bisa mengalami lebih banyak kehidupan gajah. Pasti salah satu pilihan terbaik yang tersedia untuk pecinta gajah.

2. Elephant Nature Park

Meskipun namanya menunjukkan bahwa mereka hanya fokus pada gajah, ini tidak benar. Selain menyelamatkan gajah, mereka juga memelihara kerbau, anjing, kucing, serta spesies lain yang terancam punah dan membutuhkan bantuan mereka.

Mereka juga sangat terlibat dalam memulihkan lingkungan di sekitar tempat kudus. Untuk menyelesaikan proyek ini, mereka menanam pohon dan bertujuan untuk memulihkan hutan hujan secara lengkap. Tujuan mereka adalah untuk memperkenalkan kembali kawasan hutan hujan seluas 25 hektar di dekat taman alam gajah.

Selain merawat hewan, mereka juga memberi banyak tanggung jawab sosial. Mereka berfokus pada komunitas lokal di daerah mereka dan mencoba mempekerjakan sebanyak mungkin penduduk setempat untuk membantu komunitas mereka.

Sebagai pengunjung, Anda dapat memilih antara program setengah hari, sehari penuh atau dua hari. Mereka juga menampilkan dua paket lain, di mana Anda berkeliaran di sebelah gajah.

Selain program-program yang ditujukan untuk wisatawan, mereka juga memiliki program sukarela yang memungkinkan Anda untuk tinggal selama tujuh hari di taman. Di sana Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang gajah dan merawatnya. Untuk dokter hewan, mereka juga memiliki program khusus di mana mereka juga mendukung siswa untuk menyelesaikan proyek mereka atau menyambut dokter hewan yang berkualifikasi yang ingin mendapatkan beberapa pengalaman di bidang ini.

3. Chiang Mai Elephant Land

Alternatif lain sebagai suaka gajah berkelanjutan adalah Chiang Mai Elephant Land. Tempat perlindungan yang khusus menangani gajah-gajah tua yang telah bekerja di sirkus tradisional dan sekarang dapat hidup bahagia di tempat perlindungan mereka.

Anda dapat memilih antara program satu hari, di mana Anda bertemu gajah, memberi mereka makan dan berinteraksi seperti biasa, atau tinggal dua hari di cagar alam. Paket dua hari termasuk mandi di lumpur dengan gajah, serta menjadi bersih kembali di bawah air terjun. Termasuk juga empat makanan tradisional, buah-buahan dan air minum. Jadi Anda tidak hanya akan mendapatkan pengalaman penuh dari gajah tetapi juga terbiasa dengan budaya Thailand secara umum.

Pastikan untuk terlihat bagus, karena Anda juga dapat memilih untuk membawa pulang beberapa foto terbaik yang mereka miliki selama dua hari.

4. Happy Elephant Home

Masih bisakah Anda memutuskan suaka gajah mana yang terbaik untuk Anda? Lalu ada juga Happy Elephant Home di dekat Chiang Mai.

Happy Elephant Home adalah salah satu cagar alam gajah yang lebih kecil dan sangat terbatas bagi wisatawan. Mereka hanya memungkinkan maksimum 15 pengunjung per hari, untuk melestarikan lingkungan alam cagar alam dan untuk fokus pada peningkatan kondisi gajah.

Saat ini mereka memiliki 5 gajah di suaka mereka dan Anda dapat memilih dari paket setengah hari, baik di pagi atau sore hari, atau paket sehari penuh.

Tempat perlindungan ini sangat ideal jika Anda ingin menemani gajah saat matahari terbenam dalam tur trekking kecil mereka di lembah ini. Anda juga dapat belajar lebih banyak tentang gajah selama program mereka dan berenang bersama mereka di sungai.

5. Elephant Jungle Paradise Park

Tempat perlindungan gajah yang dapat saya kunjungi di Thailand adalah Elephant Jungle Paradise Park di lereng gunung Chiang Mai.

Di pagi hari saya dijemput di Chiang Mai untuk diangkut ke Elephant Jungle Paradise Park. Setelah berkendara sekitar 2 jam, yang merupakan petualangan tersendiri, kelompok kami tiba di cagar alam gajah dan disambut oleh gajah-gajah yang berada di belakang pagar kayu yang rendah. Kami kemudian memberi mereka makan dan mereka menjadi lebih menemani dan bergabung dengan kami.

Elephant Jungle Paradise Park juga fokus pada pengambilan gajah yang telah bekerja di bisnis tradisional dan memberi mereka rumah baru. Selama waktu saya, mereka memiliki sekitar beberapa gajah, dari bayi kecil yang lucu hingga orang dewasa.

Setelah pertemuan awal, kami makan siang tradisional Thailand, yang meliputi pilihan prasmanan dan vegetarian. Kami juga menyiapkan beberapa makanan untuk gajah, yang akan bergabung dengan kami di sore hari lagi. Meskipun pada awalnya kelompok kami agak ragu-ragu, kami sangat menikmati mandi lumpur dengan kedua gajah itu dan sangat menyenangkan melihat gajah-gajah menikmati mandi juga. Untuk membersihkannya kami pergi ke bawah air terjun dan gajah bergabung dengan kami.

Pengalamannya luar biasa dan saya senang melihat gajah benar-benar bahagia dan dirawat. Biaya masuk sekitar $50 juga langsung masuk ke perawatan gajah, mencakup tagihan medis dan makanan.