Setiap orang mengalami dan bereaksi terhadap stres dengan cara yang berbeda. Tentu saja, tingkat stres yang berkelanjutan dan cara Anda mengatasinya dapat berdampak buruk pada jantung Anda. Memahami bagaimana stres memengaruhi jantung Anda dan mengembangkan strategi untuk mengatasi stres dapat membantu Anda menghindari masalah jantung di masa depan.

Bagaimana Stres Mempengaruhi Jantung Anda?

Tingkat stres bagi orang Amerika berada pada titik tertinggi sepanjang masa, begitu pula penyakit jantung. Stres dapat memengaruhi perilaku dan kebiasaan Anda, menciptakan risiko penyakit jantung yang lebih tinggi dengan melakukan aktivitas tidak sehat seperti:

  • Makan berlebihan
  • Merokok
  • Minum berlebihan

Menggunakan kebiasaan seperti ini untuk mengatur tingkat stres dapat meningkatkan tekanan darah dan merusak dinding arteri.

Stres menyebabkan tubuh Anda melepaskan adrenalin yang mempercepat detak jantung dan pernapasan Anda. Ini juga menyebabkan tekanan darah Anda meningkat. Reaksi ini membantu mempersiapkan Anda menghadapi situasi stres. Sayangnya, ketika stres terus-menerus, tubuh Anda dapat terus bergerak selama berhari-hari atau berminggu-minggu. Hal ini dapat memberikan tekanan ekstra pada jantung Anda dan memengaruhi kemampuan tubuh Anda untuk menghadapi kehidupan secara umum.

Apa yang Anda Lakukan Saat Anda Stres?

Ketika Anda merasa stres, apakah Anda terburu-buru seperti ayam dengan kepala terpenggal? Apakah Anda tergoda untuk bersantai menggunakan rokok atau alkohol? Apakah itu membuat Anda lega jika Anda mengubur masalah Anda dengan bekerja terlalu banyak? Apakah Anda menggunakan makanan untuk mencoba menenangkan diri? Jika Anda terlibat dalam teknik manajemen stres yang tidak sehat ini, Anda juga berisiko terkena penyakit jantung dan serangan jantung.

Akankah Mengelola Stres Anda Membantu Mencegah Penyakit Jantung?

Mengelola stres bermanfaat untuk kesehatan Anda secara keseluruhan dan dapat membantu tubuh Anda menghadapi masalah kesehatan dan situasi yang dapat berdampak negatif pada kesehatan jantung Anda. Ketika Anda mengambil tindakan untuk memastikan tingkat stres Anda sesuai, masuk akal jika tubuh dan hati Anda juga akan menuai manfaat dari Anda yang lebih rileks. Meskipun tidak sepenuhnya jelas apakah stres secara langsung memengaruhi kesehatan jantung, teknik manajemen stres yang buruk pasti berpengaruh. Anda akan cenderung tidak beralih ke merokok atau minum berlebihan jika Anda mengelola tingkat stres Anda dengan cara yang lebih sehat.

Apa Yang Dapat Anda Lakukan untuk Mengelola Stres dengan Cara yang Sehat?

Ada banyak pilihan untuk manajemen stres. Beberapa orang merasa terbantu dengan bermeditasi atau berdoa. Orang lain suka berolahraga atau berolahraga. Hanya mencoba mempertahankan sikap positif bisa membantu, bahkan jika Anda harus “berpura-pura sampai berhasil”.

Anda tidak harus membatasi teknik Anda pada yang telah kami sebutkan. Anda bisa melakukan apa yang terasa tepat bagi Anda, baik itu berjalan-jalan, menikmati mandi busa, atau membaca buku. Selama apa yang Anda lakukan bukanlah sesuatu yang dapat menyebabkan masalah kesehatan, lakukan apa yang membuat Anda merasa rileks.

Adakah Pengobatan untuk Membantu Manajemen Stres?

Pengobatan dapat membantu dalam situasi tertentu, terutama ketika Anda menghadapi faktor eksternal yang berkontribusi pada periode stres yang berkelanjutan, atau Anda memiliki masalah dengan kecemasan kronis. Jika Anda merasa mengalami kecemasan kronis, temui dokter keluarga tentang gejala Anda mungkin akan membantu. Selain itu, mencari tahu bagaimana stres “menekan tombol Anda” sangat penting untuk menghadapinya secara efektif.

Ke mana pun Anda pergi atau tindakan pencegahan apa yang Anda lakukan, Anda tidak akan pernah bisa sepenuhnya lepas dari stres. Anda dapat mengurangi stres harian Anda dengan membuat penyesuaian jadwal dan berkata “tidak” ketika permintaan orang lain berpotensi membuat Anda kewalahan. Namun dalam banyak kasus, bukan stres yang menjadi masalah; itulah cara Anda memilih untuk menangani tekanan. Jadi, lakukan segala upaya untuk memastikan stres Anda tidak menguasai hidup Anda dan membawa Anda ke jalan yang berbahaya. Mulailah dengan berbicara dengan dokter keluarga Anda.