Berikut adalah daftar Negara Terkecil di dunia. Daftar ini tidak termasuk wilayah.

1. Kota Vatikan

Kota Vatikan dengan luas 0.44 km2 dengan dan populasi sekitar 800 penduduk di antaranya adalah warga negara tetap itu adalah yang pertama dari negara-negara terkecil di dunia. Vatikan terletak di dalam Roma di Italia dan dibangun pada tahun 1929 Perjanjian Lateran sebagai pengganti Negara Kepausan yang dulunya kuat dan besar. Monarki pemilihan Vatikan dipimpin oleh Uskup Roma – Paus. Kota Vatikan adalah pusat Gereja Katolik dan pemimpinnya Paus dan memiliki administrasi independen, peradilan, dan kebijakan luar negeri. Ada tentara terkecil dan tertua di dunia Garda Swiss.

2. Monako

Monako adalah negara terpadat di dunia dan terbesar kedua dalam daftar negara terkecil di dunia. Luas wilayahnya 1.95 km2 dan memiliki sekitar 35.000 penduduk (2006), tetapi banyak dari mereka hanya tertarik pada kewarganegaraan untuk pembebasan pajak. Kerajaan kecil ini terletak di bagian Côte d’Azur dekat Nice dan merdeka sejak abad ke-13. Sejak konstitusi diadopsi pada tahun 1911, Monako adalah monarki parlementer dengan seorang pangeran sebagai kepala negara.

3. San Marino

San Marino adalah yang ketiga dalam daftar negara terkecil di Eropa. Ini memiliki permukaan 61 km2 dan benar-benar dikelilingi oleh wilayah Italia. Itu salah satu negara tertua di dunia dan berumur 301 tahun ketika itu adalah bagian dari Kekaisaran Romawi. Sebelum Perang Dunia Kedua adalah salah satu negara termiskin di Eropa, hari ini San Marino hidup dari pariwisata dan merupakan salah satu negara terkaya di dunia.

4. Nauru

Republik Nauru adalah negara kepulauan di Samudra Pasifik dan berada dalam daftar negara-negara terkecil di luar Eropa dan republik terkecil di dunia. Permukaan 21 km2 dan memiliki sekitar 9300 jiwa (2010). Itu adalah satu-satunya negara di dunia yang tidak memiliki kapital.

5. Tuvalu

Pulau ini menyatakan luas total 26 km2 terletak di Samudra Pasifik selatan Kiribati dan utara Fiji. Ini terdiri dari sembilan pulau karang dalam seri, dan ketinggian tertinggi adalah 5 m, sehingga karena naiknya permukaan laut, negara ini bisa menghilang dalam 50 tahun. Pendapatan tertinggi negara adalah menyewa domain internet mereka.

6. Liechtenstein

Kerajaan Liechtenstein juga merupakan salah satu negara terkecil dan negara yang terkurung daratan di Eropa. Berbatasan dengan Swiss di barat dan Austria di timur. Karena medannya yang bergunung-gunung adalah salah satu tujuan musim dingin favorit bagi para wisatawan. Meskipun luas permukaannya yang kecil, 160 km2 Liechtenstein tidak terlalu urban (seperti, misalnya, Kerajaan Monako).

7. Kepulauan Marshall

Republik Kepulauan Marshall adalah sebuah negara kepulauan di Samudra Pasifik yang total luasnya 181 km2, terdiri dari 29 atol dan 5 pulau terpencil. Ini adalah negara yang cukup baru karena kemerdekaan diperoleh pada tahun 1986 ketika memisahkan diri dari Amerika Serikat. Kepulauan Marshall adalah salah satu tujuan penyelam terbaik di dunia karena dunia bawah lautnya yang indah dan bangkai kapal dari Perang Dunia Kedua.

8. Saint Kitts dan Nevis

St. Kitts dan Nevis terletak di Laut Karibia dan terdiri dari dua pulau (St Kitts dan Nevis). Pulau-pulau tersebut sebagian besar berasal dari gunung berapi dan luas total negara adalah 261 km2. Kemerdekaan dari Inggris diperoleh pada tahun 1983 sebagai monarki parlementer. Christopher Columbus dalam perjalanan keduanya pada 1493 mendarat di pulau yang lebih besar dan menyebutnya, menurut santo pelindung, St. Kitts. Pulau yang lebih kecil disebut Nevis.