Setelah membahas daftar Negara Terkecil di Dunia, berikut adalah daftar Negara Terbesar di dunia berdasarkan wilayah.

1. Rusia

Rusia adalah negara pertama dalam daftar Negara Terbesar di dunia (menempati sekitar 11.5% dari daratan) dengan jumlah penduduk hanya menempati urutan ke 8 sebagai wilayah negara dengan populasi paling sedikit. Ini mencakup hingga 9 kali zona dan permukaannya sekitar 17.098.242 km.

2. Kanada

Kanada berada di urutan kedua dalam daftar Negara Terbesar di Amerika dan yang kedua di dunia dengan luas 9.976.140 km2. Sekitar 90% populasi tinggal di daerah 200 km dari perbatasan dengan AS. Jika Anda hanya mengukur tanah dan menendang sungai, danau dan teluk maka ke Kanada jatuh ke tempat keempat di negara-negara terbesar.

3. AS

AS adalah yang ketiga dalam daftar Negara Terbesar di dunia dengan luas total 9.629.091 km2. Alasannya, mengapa AS menempati posisi tinggi dalam daftar ini, adalah Alaska, yang dua kali ukuran Texas dan menempati sekitar 15% dari AS.

4. China

Dengan luas 9.598.086 km2 (angka ini tidak termasuk semua wilayah yang disengketakan), Cina menempati urutan keempat dalam daftar Negara Terbesar di dunia dan juga rumah bagi lebih banyak orang daripada di mana pun di dunia. Bahkan 19% populasi dunia tinggal di Cina.

5. Brasil

Brasil berada di peringkat kelima dalam daftar Negara Terbesar di dunia. Negara ini terkenal dengan pantainya yang indah dan area bersenang-senang liar adalah 8.514.877 km2. Brazil negara terbesar di Amerika Selatan dan merupakan satu-satunya negara berbahasa Portugis di Amerika.

6. Australia

Australia adalah Negara Terbesar keenam di dunia dengan luas 7.741.220 km2. Ini memiliki salah satu iklim terburuk di dunia sehingga ada banyak tanah yang tidak berpenghuni.

7. India

India adalah negara terbesar ketujuh di dunia berdasarkan ukuran dengan luas 3.287.263 km2 (termasuk semua wilayah yang disengketakan). Ini jauh lebih kecil dari 6 negara pertama tetapi negara kedua dalam hal populasi dan menyumbang sekitar 17% dari populasi dunia.

8. Argentina

Argentina adalah sebuah negara di Amerika Selatan, yang terletak di antara Samudra Atlantik di timur dan Andes di barat dengan luas 2.7804 juta km2. Argentina berada di urutan ke delapan dalam daftar Negara Terbesar di dunia.