Penerbang, sampul, bingkai bulat atau persegi – Kita sering memikirkan kacamata hitam dalam istilah gaya atau mode. Namun, kacamata hitam adalah bagian penting dalam melatih kesehatan mata yang baik. Mata manusia adalah organ yang luar biasa. Matamu tidak pernah istirahat, bahkan saat kamu sedang tidur. Rata-rata, berat setiap mata Anda hanya satu ons, setara dengan sepotong roti. Otot mata Anda adalah salah satu otot terkuat di tubuh Anda. Sama seperti kulit Anda, mata Anda juga rentan terhadap cedera, penyakit, dan sengatan matahari.

Padahal, setiap anggota keluarga Anda harus memiliki kacamata pelindung, bahkan anak-anak. Sebuah studi oleh American Academy of Ophthalmology menemukan bahwa hanya 32% orang tua memastikan anak-anak mereka memakai kacamata pelindung. Kerusakan mata mungkin tidak dapat dideteksi sampai beberapa tahun kemudian. Penting untuk memulainya sekarang, dan jadikan penggunaan kacamata hitam sebagai kebiasaan sehari-hari bagi seluruh keluarga Anda! Berikut panduan yang Anda butuhkan untuk memilih kacamata hitam terbaik untuk kesehatan mata yang optimal.

Pemblokiran Adalah yang Terbaik

Matahari menghasilkan sinar UV yang bisa berbahaya bagi mata Anda. Dalam dosis kecil, sinar UV memberikan Vitamin D untuk tubuh Anda. Dalam dosis besar, mereka dapat membakar mata Anda dan menyebabkan penyakit mata atau bahkan kebutaan. Bagian berbahaya dari sinar UV tidak dapat dilihat tetapi jangan biarkan hal itu menipu Anda. Tindakan pencegahan seperti kacamata hitam dan tabir surya adalah pertahanan harian terhadap sinar tak terlihat ini.

Ada Tiga Jenis Sinar UV

UVA: Sinar Ultraviolet A

Sinar UVA tidak menyebabkan kulit terbakar. Namun, mereka meningkatkan risiko terkena penyakit mata seperti katarak, degenerasi makula, dan bahkan kebutaan.

UVB: Sinar Ultraviolet B

Sinar UVB memang menyebabkan kulit terbakar. Ya, matamu bisa terbakar sinar matahari! Mereka juga menyebabkan penuaan dini dan sebagian besar kanker kulit.

UVC: Sinar Ultraviolet C

Sinar UVC tidak berbahaya karena lapisan ozon menghalangi mereka mencapai Anda. Sangat penting untuk memilih kacamata hitam yang menghalangi 100% KEDUA sinar UVA dan UVB!

Jangan Lupakan Fit!

Pilih bingkai terbaik yang sesuai dengan wajah Anda. Jika tidak, sinar UVA dan UVB yang berbahaya masih bisa meresap dan membahayakan mata Anda.

Daftar Periksa Fit:

  • Bulu mata tidak boleh menyentuh lensa sunglass Anda
  • Kacamata hitam tidak boleh terlalu jauh menempel di hidung Anda
  • Sejajarkan kacamata hitam Anda dengan alis Anda
  • Kacamata pembungkus dapat sepenuhnya melindungi mata Anda dari sinar matahari dan bahan iritan lainnya

Literasi Lensa

Lensa Terpolarisasi

Banyak orang lebih menyukai kacamata hitam dengan lensa polarized yang mengurangi silau. Dalam kombinasi dengan perlindungan UVA dan UVB, lensa terpolarisasi adalah pilihan kacamata hitam yang bagus. Namun, banyak orang berpikir lensa polarized menyiratkan pelindung mata yang lengkap. Ingat, lensa terpolarisasi tidak melindungi dari sinar UVA atau UVB kecuali secara khusus terdaftar sebagai fitur. Pastikan untuk memeriksa tag dengan hati-hati!

Lensa Polikarbonat

Jika Anda bersikap kasar dengan kacamata hitam Anda, lensa polikarbonat mungkin pilihan terbaik Anda. Lensa ini menawarkan daya tahan 10 kali lipat dari lensa kaca atau plastik. Mereka juga sangat ringan untuk menambah kenyamanan. Dikombinasikan dengan 100% perlindungan UVA dan UVB, kacamata hitam ini memberikan efek yang kuat.

Hati-hati dengan Pilihan Warna

Kita semua tahu apa artinya memandang dunia melalui “kacamata berwarna mawar”, tetapi apakah warna lensa penting bagi kesehatan mata? Anda mungkin berpikir lensa yang lebih gelap berarti lebih banyak perlindungan untuk mata Anda. Namun, lensa yang lebih gelap tidak menjamin keamanan dari sinar UVA dan UVB. Kecuali kacamata hitam Anda secara khusus memiliki peringkat UVA atau UVB, warna lensa Anda tidak akan melindungi mata Anda. Jika kacamata hitam Anda memiliki perlindungan 100% UVA dan UVB, Anda dapat memilih warna lensa berdasarkan preferensi Anda.

Kacamata hitam harus menjadi bagian dari rutinitas harian Anda seperti memakai tabir surya untuk perawatan kulit atau menyikat gigi untuk kesehatan mulut. Mempraktikkan kesehatan mata dapat mencegah penyakit mata, cedera, dan bahkan sengatan matahari. Kerusakan mata jangka panjang dapat menyebabkan katarak, degenerasi makula, atau bahkan kebutaan. Langkah sederhana seperti memilih sunglasses yang tepat bisa menjaga kesehatan mata seumur hidup. Pastikan seluruh keluarga Anda, termasuk anak-anak, siap bersenang-senang di bawah sinar matahari dengan dibuat di tempat teduh!