Hutan hujan tropis terbesar di dunia adalah lanskap eksotis semak beruap, pohon yang menjulang tinggi dan sungai yang berkelok-kelok yang menjadi rumah bagi keanekaragaman hayati yang menakjubkan. Bagi banyak pengunjung, perjalanan ke Amazon, pada awalnya, tampak sedikit menakutkan dengan pikiran tentang nyamuk, kelembapan yang tak tertahankan, dan hewan buas menyeramkan yang berkeliaran. Untuk memudahkan Anda, inilah beberapa fakta di hutan hujan Amazon.

1. Tidak Sejauh yang Anda Kira

Banyak pilihan akomodasi populer di Amazon mudah dicapai dari kota-kota pos hutan, seperti Puerto Maldonado di Peru, yang memiliki populasi 110. 000 dengan banyak toko untuk persediaan yang diperlukan. Mungkin diperlukan bagian terbaik dari satu atau dua jam untuk mencapai pondok lebih jauh, tetapi Anda masih cukup terhubung dengan peradaban. Sebagian besar properti juga terletak di tepi sungai daripada jauh di dalam hutan.

2. Akomodasi Sangat Nyaman

Ini pada akhirnya akan tergantung pada standar akomodasi yang Anda pilih, tetapi banyak penginapan standar memiliki bungalow individu yang besar dengan tempat tidur yang nyaman, banyak selimut, area tempat duduk, dan kamar mandi en suite pribadi dengan air panas yang mengalir. Banyak yang terletak di cagar alam pribadi dan memiliki restoran yang menyajikan makanan lezat, bar tempat Anda dapat menikmati koktail yang terinspirasi dari hutan, ruang permainan untuk tenis meja, dan bahkan kolam renang tempat Anda dapat berenang untuk menyegarkan diri setelah bertamasya ke hutan hujan.

3. Sangat Lembap

Dengan iklim tropis, Amazon mengalami kondisi panas dan lembab sepanjang tahun dengan sedikit variasi – satu-satunya perubahan antar musim cenderung menjadi jumlah curah hujan. Jadikan kunjungan Anda lebih nyaman dengan memilih pakaian katun longgar, yang menawarkan sirkulasi udara yang lebih baik. Dan minum banyak air saat Anda di sana.

4. Perbuhan Cuaca Bisa Menjadi Sangat Dingin!

Jika mengunjungi Amazon antara Juni dan November, cuaca bisa sangat berubah-ubah dengan angin sejuk dari Andes yang menurunkan suhu sehingga Anda perlu membawa jaket hangat atau bulu domba. Fenomena atmosfer ini dikenal secara lokal sebagai “The Friaje” dan berarti bahwa merkuri dapat turun hingga serendah 5°C / 41°F hingga sehari. Kemas lapisan agar Anda siap menghadapi semua kondisi cuaca.

5. Anda Mungkin Tidak Melihat Banyak Satwa Liar yang Eksotis

Vegetasi lebat di hutan hujan membuat menemukan hewan jauh lebih sulit daripada, katakanlah, di sabana Afrika yang tak berujung saat bersafari. Tidak hanya itu tetapi satwa liar Amazon mengubah kebiasaan mereka tergantung pada cuaca jadi jika lebih dingin dengan lebih banyak angin, mereka akan tetap menyamar dan menjauh dari sumber air. Selain itu, kurangnya visibilitas sungai itu sendiri berkat jumlah lumpur di perairan dan Anda mungkin sampai di akhir kunjungan Anda setelah melihat sedikit lebih banyak daripada caiman, macaw, dan beberapa babi hutan. Tapi jangan biarkan ini membuat Anda pergi – pengalaman Amazon lebih dari sekadar hewan yang cukup beruntung untuk Anda temukan. Terlepas dari hewan mana yang Anda lihat, Anda akan selalu merasakan kehadiran satwa liar hutan mulai dari lolongan monyet hingga kicauan serangga dan nyanyian burung di pagi hari.

6. Kamu Akan Menemukan Banyak Nyamuk

Kondisi hutan hujan yang panas dan lembab adalah surga bagi makhluk-makhluk sial ini dan kecil kemungkinan Anda akan melewati kunjungan Anda tanpa setidaknya satu gigitan. Pasti ada cara untuk menghindari gigitan – selalu kenakan atasan berlengan panjang dan celana panjang penuh, dan gunakan obat nyamuk secara bebas. Jika pemikiran untuk menyiram diri Anda dengan DEET 50% membuat Anda tidak nyaman, pertimbangkan alternatif alami dan rangkaian produk efektif yang ditawarkan oleh Incognito.

7. Anda Akan Bepergian dengan Ringan

Mayoritas pondok memiliki kantor di kota hutan mana pun yang paling dekat dengan tempat Anda akan meninggalkan ransel atau koper utama Anda. Anda akan memiliki kesempatan untuk memindahkan barang-barang yang diperlukan ke dalam tas kecil atau tas ransel yang dapat dipinjamkan oleh operator kepada Anda. Alasannya sederhana – kapal yang membawa Anda ke penginapan tidak memiliki ruang untuk menampung barang bawaan yang besar. Pastikan Anda mengemas semua yang Anda butuhkan – pakaian yang sesuai, kostum renang, topi, kacamata hitam, pakaian dalam, lapisan luar tahan air, dan obat-obatan dan perlengkapan mandi apa pun yang mungkin Anda gunakan. Anda juga dapat mengambil pengisi daya untuk kamera atau ponsel Anda sebagai…

8. Akan Ada Listrik

Banyak penginapan menawarkan listrik antara jam 5 sore dan 10 malam, yang berarti Anda dapat menyalakan lampu di kamar Anda dan bahkan mengisi baterai peralatan listrik Anda. Pada siang hari Anda akan keluar menjelajahi hutan atau cahaya matahari alami akan cukup untuk mencerahkan kamar dan area umum. Selalu berguna untuk membawa senter atau lampu depan, jadi jangan lupa untuk mengemasnya.

Tentu saja, fasilitas bergantung pada bagian Amazon yang Anda pilih untuk dikunjungi dan pondok tempat Anda menginap, tetapi di area yang lebih populer yang melayani pengunjung, ini memberikan gambaran yang cukup andal tentang apa yang dapat Anda harapkan.