Kebanyakan orang percaya pneumonia adalah penyakit yang hanya menyerang orang dewasa yang lebih tua, yang sangat muda, atau orang dengan gangguan sistem kekebalan. Namun, sebenarnya pneumonia adalah penyakit serius yang dapat menyerang siapa saja di usia berapa pun – bahkan orang yang sehat. Meskipun pneumonia sering terjadi, ada beberapa hal yang mungkin tidak Anda ketahui tentang infeksi paru-paru ini. Berikut adalah enam fakta pneumonia yang mengejutkan yang harus diketahui semua orang:

Pneumonia adalah Penyebab Utama Kematian di Amerika Serikat

Percaya atau tidak, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, influenza, pneumonia, dan pneumonia pneumokokus adalah di antara sepuluh penyebab kematian paling umum di Amerika Serikat. Meskipun penyakit ini sangat parah pada orang yang sangat tua dan sangat muda, penyakit ini juga membunuh individu dalam masa puncaknya. Tidak butuh waktu lama bagi pneumonia untuk mendatangkan malapetaka pada tubuh. Pneumonia adalah penyakit serius, dan jenis infeksi paru-paru ini tidak boleh dianggap enteng. Gejala pneumonia biasanya memerlukan intervensi medis.

Risiko Terjadinya Pneumonia Mungkin Lebih Tinggi Selama Musim Flu

Saat kasus flu berkembang biak selama musim dingin, komplikasi yang timbul dari pneumonia juga meningkat. Banyaknya orang yang mengalami penyakit pernapasan merupakan faktor risiko terbesar untuk mengembangkan penyakit ini. Orang yang menderita flu mungkin lebih rentan terhadap pneumonia karena sistem kekebalan mereka telah terganggu oleh influenza. Menghindari flu adalah cara yang efektif untuk menghindari pneumonia. Mendapatkan vaksinasi flu adalah cara terbaik untuk menurunkan risiko Anda mengalami komplikasi flu.

Orang dengan Kondisi Kronis Mungkin Lebih Rentan Terhadap Pneumonia

Orang dewasa dengan masalah kesehatan tertentu yang mendasari dan kondisi kronis memiliki risiko lebih tinggi terkena pneumonia. Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), gagal jantung kongestif, asma, diabetes, dan anemia sel sabit adalah kondisi umum yang meningkatkan risiko pneumonia. Selain itu, individu yang didiagnosis dengan kanker, AIDS, dan orang yang telah menjalani transplantasi organ jauh lebih rentan terhadap penyakit ini. Penting agar orang yang memiliki kondisi kronis tetap berada di puncak dalam mengobati penyakit ini. Menjaga diri Anda sesehat mungkin adalah cara yang bagus untuk menangkis pneumonia dan penyakit umum lainnya.

Gejala Pneumonia Seringkali Berbeda dengan Flu

Meskipun pneumonia dan flu memiliki gejala yang sama seperti batuk, demam, dan hidung tersumbat, penyakit ini memiliki gejala yang berbeda. Gejala umum flu meliputi nyeri, kelelahan, hidung tersumbat, sakit tenggorokan, batuk, dan demam. Gejala pneumonia biasanya berupa kesulitan bernapas, menggigil, dan nyeri dada. Berkeringat, kulit berkeringat dan kebingungan mungkin juga merupakan gejala pneumonia. Sulit untuk membedakan antara penyakit-penyakit ini karena pneumonia seringkali merupakan komplikasi yang timbul dari flu.

Pneumonia Seringkali Menyebabkan Rawat Inap

Rawat inap karena pneumonia cukup umum. Bahkan orang dewasa yang sehat pun memerlukan intervensi medis yang intensif. Orang dengan kondisi kronis memiliki risiko lebih tinggi untuk dirawat di rumah sakit. Faktanya, hampir setengah dari semua orang yang mengidap pneumonia pneumokokus, jenis pneumonia yang lebih parah, berakhir di rumah sakit. Inilah salah satu alasan mengapa penting untuk tetap waspada saat gejala flu atau pneumonia hadir.

Pneumonia Seringkali Dapat Dicegah

Satu ons pencegahan tentu saja bernilai satu pon pengobatan. Penyakit pernapasan adalah salah satu jenis penyakit yang paling menular, tetapi mencuci tangan secara teratur dapat membantu mengurangi risiko sakit. Tindakan sederhana seperti batuk dan bersin ke tisu atau lengan baju Anda dapat membantu Anda menghindari penyebaran kuman ke orang lain. Menjaga tingkat kesehatan yang optimal dan mengelola kondisi kronis juga penting dalam mencegah pneumonia. Bicaralah dengan dokter Anda untuk mempelajari lebih lanjut tentang tetap up to date dengan vaksinasi dan cara lain untuk membantu menghindari pneumonia.

Pneumonia adalah penyakit serius yang dapat menyebabkan masalah bahkan bagi orang yang paling sehat sekalipun. Pencegahan adalah strategi terbaik untuk tetap sehat, terutama bagi mereka yang mengalami kondisi kronis. Pemeriksaan rutin, vaksinasi, dan penanganan penyakit kronis semuanya merupakan metode yang efektif untuk mencegah pneumonia. Jika Anda yakin memiliki gejala pneumonia, segera hubungi dokter Anda. Jangan tunda. Mengatasi penyakit ini lebih cepat daripada nanti adalah cara terbaik untuk meningkatkan kemungkinan pemulihan yang cepat dan sukses.