Norwegia dengan fjordnya yang perkasa, danau yang jernih, dan hutan lebat – dengan mudah menjadi salah satu tempat paling indah di Eropa dan item daftar ember bagi banyak orang. Selain pemandangan yang menakjubkan lengkap dengan pemandangan yang memukau dan lanskap luas yang hanya bisa digambarkan sebagai luasnya, Norwegia juga merupakan rumah bagi sejarah yang kaya selama ribuan tahun dan budaya yang unik. Baik Anda berencana berkunjung atau hanya ingin tahu tentang permata mahkota Skandinavia, berikut beberapa fakta menarik tentang Norwegia yang direkomendasikan oleh situs Jasa Penulis.

1. Terowongan Jalan Terpanjang di Dunia

Dengan panjang 24.5 km (15 mil), Terowongan Lærdal adalah terowongan jalan terpanjang di dunia. Ini menghubungkan sekitar 2.000 pengemudi setiap hari antara komunitas pedesaan Aurland dan Lærdal, sekitar 125 mil atau 200 km dari Bergen. Tidak hanya itu, tetapi Terowongan Lærdal memainkan peran kunci dalam koneksi bebas feri antara dua kota terbesar Norwegia: Oslo dan Bergen. Biaya pembuatannya cukup mahal, dengan banderol harga 1 miliar kroner Norwegia atau sekitar $ 110 juta USD.

2. Pulau Paling Terpencil di Dunia Ada di Norwegia

Sekitar 1.050 mil (1.700 km) lepas pantai utara Antartika terletak Pulau Bouvet. Ini bukan hanya pulau paling terisolasi di dunia, tapi juga merupakan wilayah Norwegia. Tersesat di antara ujung Afrika Selatan dan Queen Maud di Antartika, pulau ini terdiri dari lebih dari 90% gletser. Fakta yang bahkan lebih mengesankan ketika Anda mengingat bahwa Pulau Bouvet terbentuk dari gunung berapi. Permukiman terdekat manusia hampir 1.500 mil (2.259 km) jauhnya dan tebing curam di semua sisi membuat sulit untuk sampai ke darat, meskipun demikian, hal itu telah membuat para ilmuwan terpesona selama berabad-abad.

3. Ada Dua Macam Bahasa Norwegia

Norwegia adalah rumah bagi dua bahasa resmi – Norwegia dan Sami. Bahasa Norwegia, bagaimanapun, memiliki dua bentuk tulisan – Bokmål dan Nynorsk. Yang pertama digunakan oleh sebagian besar negara, sedangkan yang kedua lebih populer di daerah pedesaan; terutama fjord barat. Kedua varian tersebut dipelajari di sekolah, disiarkan di televisi dan digunakan di kantor-kantor pemerintah. Namun, meski terpisah satu sama lain, keduanya dapat dipahami satu sama lain.

4. Kawanan Rusa Terbesar di Eropa

Anda mungkin terkejut saat mengetahui bahwa separuh selatan Norwegia, bukan separuh kutub utara, dikenal dengan populasi rusa kutubnya. Tersebar di selatan Norwegia, Anda akan menemukan dataran tinggi pegunungan terbesar di Eropa, bersama dengan kawanan rusa kutub terbesar di Eropa. Ada sekitar 30.000-35.000 rusa liar yang dipecah menjadi 23 kawanan dan populasi yang berbeda. Total terbesar hingga 10.000 di Hardangervidda.

5. Sejarah Norwegia

Sementara sebagian besar membayangkan viking perkasa ketika memikirkan sejarah Norwegia, era viking hampir tidak menyentuh permukaan. Sementara Zaman Viking yang berlangsung dari sekitar 793–1066 M jelas merupakan salah satu era paling penting di kawasan itu; Sejarah Norwegia berjalan lebih jauh ke belakang dibandingkan masa-masa Erik si Merah. Faktanya, sekitar 11.000 tahun. Pada sekitar 9.000 SM, pemukim tiba di Norwegia dan selamat dari berburu anjing laut, rusa, dan berbagai hewan liar lainnya.

6. Popupulasi Penduduk Paling Sedikit di Eropa

Norwegia tersebar di hampir 150.000 mil persegi dan berbatasan dengan Swedia, Finlandia, dan Rusia (ya, Rusia). Namun, seluruh negara memiliki populasi hanya 5.4 juta menjadikannya salah satu negara berpenduduk paling sedikit di Eropa. Faktanya, jika seluruh populasi tersebar secara merata, Anda akan memiliki kurang dari 40 orang per mil persegi. Tidak heran Norwegia adalah tempat yang dikunjungi para pelancong untuk melarikan diri dari kehidupan kota dan menikmati keindahan alamnya.

7. Salah Satu Tempat Paling Bahagia di Dunia

Mungkin karena udara segar, mungkin kualitas hidup yang sangat tinggi, mungkin fjord yang menakjubkan; bagaimanapun, Norwegia adalah tempat yang sangat membahagiakan. Faktanya, menurut Laporan Kebahagiaan Dunia 2017, itu peringkat nomor satu di dunia. Plus, telah berada di 10 besar sejak 2013. Pesaing reguler lainnya adalah sepupu Skandi Denmark, Islandia, dan Finlandia yang membuktikan bahwa negara-negara Nordik pasti melakukan sesuatu yang benar.